Terapi Stroke di Rumah Memang Bisa?

Terapi Stroke di Rumah Memang Bisa?

Bisa, untuk beberapa rumah sakit sudah memiliki layanan terapi stroke dirumah. Jadi kita tidak perlu repot datang ke rumah sakit dan mengantri untuk mendapatkan layanan ini. Tak hanya untuk orang sakit tapi fisioterapi bisa juga diperuntukan semua orang sebagai pencegahan penyakit.

Lalu mengapa pasien stroke butuh penanganan rehabilitasi fisioterapi?

Karena biasanya pasien stroke akan punya keluhan sulit menggerakkan lengan atau tungkai. Oleh penyebab pembuluh darah tersumbat sehingga suplai darah tidak bisa menjangkau jaringan tubuh secara maksimal. Jika tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan kelumpuhan. Hal ini butuh penanganan dokter spesialis untuk merehabilitasi. Dan fisioterapi adalah salah satu langkah pemulihan fisik bagi pasien stroke. Tentunya langkah ini dilakukan saat kondisi kesehatan pasien mulai stabil.

Proses rehabilitasi tergantung gejala yang dialami dan sebarapa parah gejala tersebut. Selama melalui masa rehabilitasi, pasien akan didampingi sejumlah ahli seperti dokter, psikolog, terapis bicara, fisioterapis dan perawat.

Berikut referensi terapi stroke digunakan pasien. Dan beberapa diantaranya dapat dilakukan dirumah:

Stimulasi Gerakan

Lakukan stimulasi gerakan manual secara berkala dibagian yang kaku atau sulit digerakkan. Fungsinya untuk melenturkan sendi dengan memijatnya langsung menggunakan tangan. Anda bisa mencobanya dirumah dengan melakukan gerakan gerakan sederhana ini

• Pengulangan posisi tidur, duduk dan berdiri


• Latihan gerakan yang sifatnya mendorong


• Latihan duduk dan berdiri dengan kaki sejajar, saat bergerak berdiri tumpuan pada kedua kaki


• Latihan duduk dan berdiri dengan bantuan telapak tangan sebagai tumpuan diatas meja atau alat bantu lainnya

• Latihan stimulasi penopang tubuh seperti dalam posisi terlentang, duduk atau berdiri


• Jinjit dengan kombinasi gerakan tangan mendorong keatas


• Latihan melangkah


• Latihan Jongkok, berdiri diikuti gerakan melompat

• Latihan jalan meyamping dan jalan mundur


• Latihan dengan aktivitas sesungguhnya yang berkaitan dengan hobby dan kegemaran pasien

Terapi Listrik Transkutan TENS dan EMS

Terapi stimulasi listrik transkutan atau TENS transcutneus Electrical Nerve Stimulation. Menggunakan arus listrik teganan rendah untuk menghilangkan rasa sakit. Stimulasi ini dapat membantu memblokit sinyal sakit ke otak dan menghasilkan penghilang rasa sakit alami. Terapi ini relatif aman dan bekerja cepat. Jika ingin terapi TENS, wajib didampingi konsultasikan fisioterapis berpengalaman

Sementara EMS atau electrical muscle stimulation menggunakan gelombang yang sedikit lebih kuat dari TENS untuk memancing otot berkontraksi. Fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan kekuatan otot. Mencegah otot mengecil dan merangsang pembentukan masa otot.

Terapi magnet

Terapi ini menggunakan elektromagnet dengan berbagai jenis dan ukuran. Sama seperti stimulasi saraf transkutan listrik bermanfaat mengurangi rasa sakit. Teknologi ini berhasil dikembangkan dari hasil penelitian ahli Universitas Queenssland, Australia. Penelitian ini diujicobakan kepada beberapa pasien stroke dalam masa pengobatan 6 tahun. Hasilnya mengejutkan 80% pasien mengalami perubahan positif dalam peningkatan kemampuan berbicara.

Taping

Taping adalah alat fisioterapi berupa plester elastis atau kinesio taping untuk meningkatkan sirkulasi, membantu mengurangi peradangan dalam kulit dan mempercepat pemulihan. Caranya mudah hanya dengan menyangga dan menstabilkan otot serta sendi tanpa membatasi geraknya.

Diathermy

Diathermy merupakan jenis terapi dengan menggunakan panas yang dialirkan melalui arus elektromagnetik berfrekuensi tinggi untuk menyembuhkan radang, meningkatkan sirkulasi darah pada taget organ, mengurangi nyeri, meningkatkan daya tahan jaringan, membantu mengurangi ketegangan otot.

Ultrasound dan Phonoperesis

Ultrasound terapeutik membantu menurunkan peradangan dengan mendorong panas ke daerah yang cedera sehingga menyembuhkan kejang otot, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan aliran darah ke jaringan yang rusak.

Sementara phonoporesis adalah teknik yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk membantu penyerapan obat oles secara maksimal.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *