6 Cara Tidur Yang Baik, Wajib Kalian Coba!

6 Cara Tidur Yang Baik, Wajib Kalian Coba!

1 . Jadwalkan jam tidur dan bangun setiap hari di waktu yang sama

Penelitian pada pekerja shift menunjukkan dampak kesehatan negatif akibat seringnya timbul gangguan pada siklus sirkadia. Dasarnya, tidur dan bangun setiap hari di jam yang berbeda berbahaya untuk tubuh Anda. Teori ini berdasarkan dari pekerja yang memiliki sistem kerja on-call, seperti tentara, petugas ambulan, pemadam kebakaran, dapat meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung, menunkan performa mental, dan kekurangan tidur.

Suplemen Magnesium dan CBD oil dapat membantu tidur. Kebanyakan orang mengalami kekurangan magnesium tanpa disadari, dan zat tersebut sangat penting untuk tidur.

2. Optimalkan paparan cahaya sehari-hari

Kualitas tidur di malam hari ditentukan dengan bagaimana Anda bangun di pagi hari. Anda bisa memulai mengoptimalkan waktu di malam hari dengan kebiasaan di pagi hari. Dua cara dasar untuk mengoptimalkan tidur dengan menggunakan cahaya adalah:

  • Terpapar cahaya frekuensi tinggi (idealnya cahaya matahari) pada pagi hari, setelah bangun
  • Membatasi paparan cahaya terang pada penghujung hari, khususnya setelah matahari terbenam

Penelitian membuktikan bahwa paparan cahaya biru pada pagi hari dapat membuat tubuh memproduksi melatonin untuk membantu tidur, pada permulaan hari. Untuk memperoleh manfaat dari efek ini, cobalah untuk keluar terpapar matahari secepatnya setelah bangun pagi. Jika matahari belum terbit, nyalakan lampu sebanyak mungkin untuk menciptakan efek yang mirip matahari. Paparan cahaya ini disarankan berlangsung selama 30 menit. Vitamin D berperan penting dalam produksi melatonin, vitamin D dapat diperoleh melalui paparan matahari.

3. Kurangi paparan cahaya biru saat malam hari

Cahaya artifisial saat malam hari terbukti menghambat produksi melatonin. Hal ini menyebabkan semakin sulit untuk tidur dan menurunkan kualitas tidur saat malam hari, sehingga disarankan untuk mengurangi paparan cahaya artifisial. Hindari paparan cahaya dari handphone, TV, atau laptop. Satu jam sebelum tidur jangan terkena paparan cahaya biru.

4. Jaga suhu tubuh

Menurunkan suhu tubuh dapat membantu tubuh memproduksi melatonin saat malam hari. Tidur dengan suhu lebih dari 22o Celsius dapat merusak kualitas tidur, dan memiliki efek negatif pada REM dan deep sleep.

Turunkan suhu ruangan menjadi dibawah 22o Celsius sebelum tidur. Mandi dengan air dingin merupakan salah satu cara untuk relaksasi sebelum tidur, karena setelah mandi suhu tubuh akan turun. Suhu air bisa diubah menjadi hangat untuk memperoleh manfaat ini. Terakhir, jika Anda merasakan kesulitan tidur di suhu dingin, gunakan kaos kaki tebal. Penelitian membuktikan bahwa kaki yang hangat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

5. Turunkan EMF (electromagnetic frequencies) / setidaknya paparan internet, ketika mau tidur

EMF adalah electrical fields yang dikeluarkan oleh elektronik. Sebenarnya teori tentang paparan EMF ini masih kontroversial, ada yang menganggap bahwa EMF dapat menyebabkan kanker, ada yang menganggap bahwa EMF adalah pseudo-science.

Penelitian Dr. Martin Pall membuktikan bahwa frekuensi EMF dari handphone dapat merusak DNA. EMF dari handphone dapat meningkatkan peradangan dan telah dibuktikan dapat merusak DNA. Disarankan untuk mematikan HP atau menyalakan airplane mode saat mau tidur. Selain itu, mematikan handphone saat malam hari juga dapat mengurangi pengalihan perhatian untuk memainkan handphone sebelum tidur yang dapat merusak kualitas tidur. Penelitian membuktikan bahwa penggunaan alat sebelum tidur, khususnya HP, dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur dan tidur terlambat.

6. Lakukan ritual malam seperti Meditasi, jurnal, dan tulis to-do list

Tuliskan pikiranmu yang timbul seharian, renungkan masa depanmu, dan meditasi jika mampu. Sebuah penelitian membuktikan bahwa subjek yang menulis to-do list sebelum tidur dapat tertidur lebih cepat. Hal ini dapat dihubungkan karena dengan menuliskan isi pikiran, termasuk hal yang mau diselesaikan selama 1 minggu kedepan, Anda dapat merasa lebih santai dan tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal-hal tersebut untuk diingat, karena sudah tertulis. Pernahkan Anda sulit tidur karena terus terpikirkan hal-hal yang perlu diselesaikan di hari yang akan datang? Nah ritual ini bisa jadi solusinya.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *