Tengkuk Terasa Sakit Karena Hipertensi? Lakukan Beberapa Cara Ini Untuk Kendalikan Hipertensi

0
32

Pernahkah anda merasakan sakit pada bagian tengkuk anda? apakah anda merasakannya terlalu sering? Jika iya, maka anda harus berhati-hati karena rasa sakit yang anda rasakan bisa saja menjadi tanda bahwa anda mengidap suatu penyakit.

Salah satu penyakit yang menyebabkan tengkuk terasa sakit adalah tekanan darah tinggi. Sayangnya, rasa pegal atau sakit di bagian belakang kepala atau tengkuk biasanya bukan lagi gejala darah tinggi namun merupakan tanda bahwa tekanan darah tinggi anda sudah cukup parah dan anda harus mengontrolnya secepat mungkin.

Karena hipertensi tidak menunjukan gejala yang berarti, kebanyakan orang baru mengetahuinya ketika kondisi mereka sudah cukup parah dan komplikasi penyakit lainnya sudah terjadi.

Tekanan darah tinggi tidak akan bisa dikendalikan jika anda tidak mengontrolnya secara rutin. Tekanan darah tinggi bisa menjadi ancaman berbahaya untuk jantung dan otak anda. Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko stroke, kebutaan, gagal jantung, serangan jantung dan gagal ginjal.

Banyak pula cara yang bisa anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah anda. Anda bisa mengontrolnya dari makanan atau minuman yang anda konsumsi dan melakukan aktivitas fisik lainnya seperti berolahraga. Namun, ada beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk mengontrol darah tinggi.

Kurangi Asupan Natrium

Semua orang menggunakan garam di setiap masakan mereka, bahkan kue yang terasa manis pun membutuhkan garam di dalam adonannya. Namun, beberapa tahun belakangan, banyak orang mulai memperhatikan kesehatan mereka dengan mengurangi asupan garam atau natrium di semua masakannya. Garam bahkan berpengaruh besar terhadap tekanan darah seseorang. Jika anda terdiagnosis tekanan darah tinggi, maka anda harus mengurangi asupan garam sebab tekanan darah tinggi bisa berakibat stroke dan serangan jantung. Kurangi makanan kemasan yang mengandung banyak natrium dan cobalah untuk menambahkan rasa pada makanan dengan rasa pedas daripada menambahkan terlalu banyak garam.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Tinggi Potassium

Potassium bisa membantu tubuh anda menyingkirkan sodium dan menurunkan tekanan darah. Sayangnya, kebanyakan diet yang dilakukan oleh banyak orang hanya meningkatkan sodium dan mengurangi asupan potassium. Untuk mendapatkan keseimbangan antara sodium dan potassium di dalam diet anda, konsumsilah makanan yang segar dan kurangi makanan kemasan atau makanan instan. Makanan yang mengandung potassium di antaranya adalah sayuran-sayuran hijau, tomat, dan kentang. Sedangkan buah yang mengandung potassium tinggi adalah melon, pisang, alpukat, dan jeruk. Anda juga bisa mendapatkan kandungan potassium dari susu dan yogurt, ikan tuna dan salmon, serta kacang-kacangan.

Kurangi Asupan Kafein

Jika anda sering mengonsumsi kopi dan tekanan darah anda tiba-tiba meningkat, maka itu akibat kafein yang anda konsumsi. Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa kafein menyebabkan tekanan darah tinggi permanen, namun ada baiknya anda mengurangi sedikit asupan kafein anda. Cek secara rutin apakah ada peningkatan tekanan darah ketika anda mengonsumsi kopi atau tidak.

Kurangi Berat Badan

Jika berat badan anda berlebihan, maka cobalah untuk mengurangi berat badan anda. Sedikit saja berat badan anda berkurang, ini akan berdampak besar terhadap kesehatan jantung anda. Menghilangkan 5% dari berat badan anda bisa menurunkan tekanan darah anda secara signifikan. Efek terhadap kesehatan ini bisa lebih baik ketika anda menurunkan berat badan dengan berolahraga. Kehilangan berat badan dapat membantu pembuluh darah untuk mengalirkan darah lebih baik, sehingga memudahkan jantung untuk memompa darah.

Karena hipertensi bukanlah suatu penyakit yang bisa disembuhkan, anda harus bisa mengendalikannya dengan cara yang tepat. Lakukan beberapa cara di atas untuk mengendalikan tekanan darah anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan Dr Laser. Teknologi laser yang dikombinasikan dengan akupuntur ini bisa merangsang nitric oxide yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah bisa lebih lancar dan tidak menyebabkan penyumbatan yang bisa berakhir menjadi stroke.

Dr Laser juga mampu meningkatkan kualitas darah sehingga dapat mencegah dan membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

Ingin tahu lebih lanjut tentang teknologi laser ini? Temukan di sini >>Selengkapnya<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here