Siapkan Beberapa Kelompok Makanan Ini Saat Jalani Diet Sehat

0
40

Mengonsumsi makanan sehat berarti anda harus mengonsumsi makanan yang padat nurtrisi dengan porsi yang tepat. Banyak orang yang mengira bahwa diet adalah usaha untuk menurunkan berat badan, namun diet sebenarnya adalah menyederhanakan tipe dan jumlah makanan yang anda konsumsi.

Diet yang tepat harus mencakup keseimbangan beberapa kelompok makanan, karena tidak ada satu jenis makananpun yang dapat menyediakan semua yang kita butuhkan untuk kesehatan yang baik.

Sayangnya, banyak orang dewasa yang tidak memperhatikan makanan yang mereka makanan, kebiasaan makan yang sehat adalah hal paling penting yang harus anda lakukan.  Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan untuk menemukan pilihan terbaik untuk diet sehat anda.

Memiliki diet yang seimbang berarti anda harus memiliki semua kelompok makanan dalam porsi yang tepat.

Ada beberapa kelompok makanan yang harus ada ketika anda menjalankan diet sehat.

  • Buah dan sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral dan serat. Pilih buah dan sayur yang memiliki warna berbeda untuk membantu memaksimalkan nutrisi yang masuk ke tubuh anda. The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi 8 atau lebih buah dan sayur dalam sehari. Anda mungkin bisa mengonsumsi jus buah atau sayuran, namun lebih baik mengonsumsi buah atau sayuran tanpa mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu karena masih mengandung banyak serat.

Penelitian menunjukan bahwa asupan buah dan sayuran bisa menurunkan risiko jantung koroner, diabetes tipe 2, dan kanker.

  • Protein

Penting untuk memperbaiki jaringan di dalam tubuh, banyak makanan kaya protein juga mengandung kadar mineral tinggi seperti zat besi dan magnesium. Sumber protein yang sangat baik termasuk daging, ikan, dan telur. Kacang dan kedelai adalah pilihan protein bagi mereka yang sedang menjalani diet atau vegetarian.

  • Susu

Diet bukan berarti anda harus mengurangi asupan kalsium. Tubuh anda tetap membutuhkan kalsium setiap harinya. Produk susu adalah sumber kalsium yang tepat. Anda bisa memilih susu rendah lemak, yogurt, dan keju sebagai asupan susu terbaik.

  • Lemak

Lemak sangat penting untuk kesehatan otak, energi, penyerapan vitamin tertentu, dan untuk kulit, rambut, dan kesehatan sendi. Namun, anda harus mengurangi asupan lemak jenuh yang ada pada daging berlemak dan makanan yang digoreng. Terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Anda bisa menggatinya dengan lemak tidak jenuh yang bisa anda temui pada alpukat dan minyak ikan. Makanan-makanan ini bisa mengurangi kolesterol jahat pada darah. Namun, selalu pastikan bahwa lemak jenuh yang anda konsumsi tidak terlalu banyak.

  • Gula

Bukan berarti anda bisa mengonsumsi gula terlalu banyak. Anda tetap harus membatasi konsumsi jumlah gula anda. Gula biasanya juga ada pada beberapa makanan seperti buah-buahan atau gula buatan yang biasanya anda tambahkan pada makanan. Namun, perlu diingat bahwa terlalu banyak gula yang anda konsumsi bisa membuat anda memiliki berat badan yang berlebihan, masalah jantung, kadar gula darah yang tidak stabil dan masalah kesehatan lainnya. Anda disarankan untuk mengonsumsi gula sebanyak 6 sendok teh setiap hari atau kurang dari itu untuk wanita dan 9 sendok teh setiap hari untuk para pria.

Diet bukan berarti anda harus membatasi atau bahkan tidak mengonsumsi beberapa makanan sama sekali. Anda hanya perlu mengaturnya dengan mengonsumsi makanan dengan jumlah yang tepat. Banyak orang yang sedang menjalani diet memutuskan untuk mengurangi nasi karena mereka khawatir dengan kandungan gula dan karbohidrat di dalamnya.

Namun, sekarang anda tak perlu khawatir karena Vitacook hadir untuk membantu menurunkan kadar gula dan karbohidrat pada nasi anda. Vitacook juga mampu untuk memisahkan zat kimia yang terkandung dalam nasi yang selama ini tidak anda sadari, sepertin pestisida, pemutih dan logam berat.

Masih ragu? Kenali Vitacook lebih jauh di sini >>Selengkapnya<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here