Pra-Hipertensi, Ini Beberapa Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan

0
37

Tekanan darah tinggi memang menjadi penyakit yang patut diwaspadai, sebab tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah ibu dari segala penyakit atau mother of sickness. Di mana, penyakit ini bisa menimbulkan penyakit lainnya yang justru lebih serius. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan beberapa penyakit lainnya seperti stroke, kebutaan, gagal ginjal, gagal jantung dan serangan jantung.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami hipertensi sampai mereka merasakan penyakit-penyakit hipertensi tersebut. Untuk itu, anda harus mengetahui bahwa anda mengalami hipertensi lebih cepat. Sebelum hipertensi, biasanya anda mengalami pra-hipertensi terlebih dahulu di mana tekanan darah sistolik anda berada pada angka 120-129 mmHg dan tekanan darah diastolik anda berada pada 80-89 mmHg.

Jika anda mengukur tekanan darah anda berada pada angka tersebut dan berlangsung lama, maka anda harus waspada. Anda juga harus mengendalikan tekanan darah anda agar anda tidak menyentuh angka hipertensi yaitu pada angka 140-159 mmHg pada tekanan darah sistolik dan 90-99 mmHg pada tekanan darah diastolik. Salah satu cara agar anda tidak mengalami hipertensi adalah berolahraga atau lakukan kegiatan fisik secara rutin.

Anda tidak perlu pergi ke gym. Anda hanya harus melakukan aktivitas fisik yang bisa anda lakukan setiap hari agar tekanan darah anda menjadi normal dan jantung anda bisa memompa darah dengan normal. Beberapa olahraga ringan yang bisa anda lakukan adalah jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, mengangkat beban, atau melakukan pekerjaan rumah. Semua kegiatan tersebut bisa anda lakukan setiap hari sehingga anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak berolahraga.

Selain beberapa kegiatan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa olahraga yang bisa anda lakukan jika anda mengalami pra-hipertensi dan ingin mencegah kondisi hipertensi.

Aerobik

Latihan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah anda dan membuat jantung anda menjadi lebih kuat. Beberapa latihan fisik yang bisa anda lakukan adalah berjalan, jogging, lompat tali, skating, mendayung, berenang, dan aerobik air.

Latihan Kekuatan

Membuat otot anda menjadi lebih kuat bisa membantu anda untuk membakar banyak kalori dalam sehari. Hal ini juga bagus untuk kekuatan sendi dan tulang.

Peregangan

Latihan ini bisa membuat anda lebih fleksibel dan membantu anda untuk bergerak lebih baik lagi. Latihan ini juga bisa menghindari anda dari cidera.

Lalu, seberapa lama anda harus berolahraga?

Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari dan lakukan selama 5 kali dalam satu minggu. Jika anda tidak memiliki banyak waktu, cobalah untuk melakukan aktivitas fisik seperti jogging atau bersepeda ke kantor jika memungkinkan. Kegiatan-kegiatan seperti ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Lakukan selama 20 menit sehari dan 3 sampai 4 kali dalam satu minggu.

Namun, sebelum berolahraga, pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan pemanasan selama 5-10 menit untuk membuat tubuh anda bisa melakukan gerakan tanpa cidera. Selanjutnya, anda bisa meningkatkan intensitas gerakan anda. Namun jangan terlalu serius, anda tetap bisa berbicara dengan orang lain atau bernyanyi selama anda berolahraga agar anda bisa menikmatinya. Setelah selesai berolahraga, lakukan pendinginan, dan jangan tiba-tiba berhenti. Berikan tubuh anda sedikit waktu untuk menyesuaikan gerakan yang anda lakukan. Hal ini sangat penting untuk anda yang melakukan olahraga dengan kondisi pra-hipertensi dan juga tekanan darah tinggi.

Selain beberapa aktivitas fisik di atas, anda juga bisa mencegah hipertensi meskipun sedang berada dalam fase pra-hipertensi dengan menggunakan teknologi laser, yaitu Dr Laser. Dr Laser membantu tubuh anda untuk merangsang nitric oxide yang bisa melebarkan pembuluh darah anda sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, teknologi laser ini juga mampu meningkatkan kualitas darah sehingga mencegah berbagai komplikasi penyakit seperti diabetes, stroke, serangan jantung, jantung koroner dan peningkatan kolesterol.

Jangan tunggu hipertensi datang kepada anda, cegah sejak dini dengan Dr Laser.

Temukan solusi untuk tekanan darah tinggi anda sekarang >>Selengkapnya<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here