Lakukan Gaya Hidup Ini Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

0
37

Susah turunkan kadar kolesterol anda?

Kolesterol yang tinggi seringkali menjadi masalah bagi kesehatan. Tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh bisa mengakibatkan beberapa penyakit lainnya. Sayangnya, peningkatan kolesterol ini seringkali tidak disadari oleh banyak orang karena tidak menimbulkan gejala apapun. Kolesterol sendiri sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat tubuh tetap sehat, namun selama jumlah kolesterol jahat dalam tubuh tidak terlalu tinggi.

Apa yang dimaksud dengan kolesterol jahat? Secara medis, sebenarnya tidak ada istilah kolesterol jahat dan baik, yang ada hanyalah LDL (low density lipoprotein) atau biasa dikenal sebagai kolesterol jahat dan HDL (high density lipoprotein) yang dikenal sebagai kolesterol baik. LDL yang terlalu banyak dan menumpuk bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat dan meyulitkan darah untuk mengalir. Sedangkan HDL berfungsi untuk menghilangkan kadar kolesterol dalam darah. Sayangnya, jumlah LDL dan HDL tidak selalu seimbang, bahkan seringnya jumlah LDL selalu lebih banyak dibandingkan jumlah LDL.

Namun, anda tak perlu khawatir karena anda bisa melakukan gaya hidup berikut ini sebagai upaya menurunkan kadar kolesterol.

  • Aktif berolahraga

Semua orang pasti sadar bahwa olahraga mampu membuat tubuh tetap sehat dan bugar, namun tak semua orang mau melakukannya. Anda disarankan untuk mengambil sesi olahraga setiap hari meski dalam jangka waktu yang sebentar. Tidak perlu olahraga yang berat, anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat dan senam kebugaran, setidaknya 30 menit dalam sehari. Hal ini bisa meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh sehingga bisa menyerap LDL dari dalam pembuluh darah.

  • Makan lebih banyak buah dan sayur

Sayuran dan buah memang dikenal memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran mengandung vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh seperti folat, vitamin C dan kalium. Sayuram dan buah juga kaya akan serat yang dapat membantu pencernaan dan kesehatan usus. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran seperti buncis, gandum, kacang-kacangan dan kacang polong yang mengandung serat larut yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

  • Kurangi konsumsi makanan lemak jenuh

Jika selama ini anda sering mengonsumsi lemak jenuh seperti susu murni, keju, mentega, daging berlemak, kue dan biscuit, maka anda harus menguranginya. Anda bisa menggantinya dengan lemak tak jenuh seperti ikan salmon, kacang-kacangan, mackerel, minyak sayur dan biji-bijian. Lemak tak jenuh dikenal baik untuk kesehatan jantung anda.

  • Ganti metode memasak anda

Menggoreng makanan memang lebih cepat dan rasa makanan anda memang lebih enak. Namun, tahukah anda bahwa menggoreng makanan bisa menghancurkan beberapa kandungan vitamin dalam sayuran dan makanan yang anda masak?  Selain itu, penambahan minyak atau mentega ke dalam wajan juga bisa menambah lemak jenuh anda. Anda bisa mengganti metode memasak anda dengan metode yang tidak menggunakan mentega atau minyak. Anda bisa memasak dengan metode kukus, panggang atau direbus. Metode ini tentu lebih sehat dan mengurangi lemak jenuh. Selain itu, anda juga bisa mengganti metode memasak nasi anda dengan alat yang lain. Sebab, kandungan gula pada nasi yang anda konsumsi juga tinggi dan menyebabkan gula darah anda bisa meningkat.

Anda bisa mengganti metode memasak anda dengan Vitacook, alat multicooker ini bisa membantu anda menurunkan kadar  dalam nasi anda sebanyak 51%. Bahkan, untuk anda yang sedang berusaha mengganti nasi putih dengan nasi merah, anda bisa memasaknya di Vitacook sehingga nasi merah bisa lebih pulen dan lembut.

Masih ragu? Temukan informasi lebih jauh tentang Vitacook >>Di Sini<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here