Ini Tiga Tips Memilih Susu Untuk Para Diabetesi

0
40
katadokter.id-Ini Tiga Tips Memilih Susu Untuk Para Diabetesi

Para diabetesi memang tidak bisa mengonsumsi banyak makanan atau minuman yang mengandung gula. Karena hal ini, para diabetesi tidak bisa menikmati banyak makanan atau minuman yang lezat. Salah satu minuman yang lezat namun tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh para diabetesi adalah susu. Nutrisi yang terkandung dalam susu memang baik untuk kesehatan, namun beberapa kandungan lainnya bisa berisiko buruk bagi kondisi kesehatan para diabetesi.

Susu biasanya kaya akan lemak, protein, dan karbohidrat sekaligus. Susu sapi biasanya mengandung 30-35 gram protein per liter dan sebagian besar di antaranya adalah kasein. Susu memang mengandung protein lainnya, namun dalam jumlah yang sedikit. Protein yang terkandung dalam susu adalah mineral, vitamin A, B kompleks, C, D, K dan E.

Jika anda terdiagnosis diabetes, maka anda harus berhati-hati karena diabetesi berisiko terkena retak tulang, oleh karena itu untuk memperkuat tulang, susu memang diperlukan oleh para diabetesi karena mengandung kalsium yang tinggi. Sayangnya, kandungan pada susu tak hanya kalsium, namun juga ada beberapa komponen lain yang bisa membantu dan beberapa komponen bahkan merugikan para diabetesi. Untuk itu, para diabetesi harus mengetahui tips untuk memilih susu yang tepat.

Perhatikan jumlah kandungan laktosa

Laktosa adalah gula murni yang ada di dalam susu. Laktosa yang masuk ke tubuh diolah menjadi glukosa dan galaktosa. Hal inilah yang menyebabkan laktosa bisa mempengaruhi kadar gula darah anda. meskipun beberapa peneliti menyimpulkan bahwa kandungan gula tersebut termasuk gula dengan indeks glikemik rendah, namun para diabetesi tetap harus waspada terhadap apapun minuman yang dikonsumsi. Agar lebih aman, perhatikan juga apakah susu tersebut mengandung gula tambahan atau pemanis lainnya. Jika iya, maka jumlah total karbohidrat di dalam satu takaran saji produk susu adalah hasil dari penjumlahan laktosa dan gula tambahan tersebut, atau biasa dikenal dengan sukrosa.

Hindari susu kental manis

Berbeda dengan susu segar atau susu bubuk, susu kental manis memiliki kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu biasa. Bahkan, beberapa waktu belakangan, BPOM menyarankan untuk menghilangkan kata “susu” dalam packaging produk susu kental manis karena di dalamnya tidak ada kandungan susu sama sekali. Karena itu, para diebetesi sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi susu jenis ini.

Pilih Jenis Makanan Berbahan Dasar Susu

Ada beberapa jenis makanan berbahan dasar susu yang bisa anda konsumsi. Beberapa jenis makanan ini bisa menggantikan susu untuk kebutuhan susu harian. Beberapa jenis makanan berbahan dasar susu yang bisa anda konsumsi adalah yogurt yunani, string cheese, dan susu grass-fed.

Susu memang menjadi asupan sehari-hari yang dikonsumsi oleh banyak orang, tak terkecuali para diabetesi. Selain susu, asupan lain yang selalu dikonsumsi banyak orang adalah nasi. Meskipun menjadi asupan pokok orang Indonesia, ternyata nasi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Untuk itu, para diabetesi biasanya mengganti nasi putih mereka dengan nasi merah.

Namun, sekarang anda tidak perlu lagi khawatir karena anda tetap bisa menikmati nasi putih dengan kadar gula yang sedikit. Dengan Vitacook, kadar gula pada nasi putih anda bisa menurun hingga 51%.

Anda tak perlu lagi khawatir saat akan menyantap nasi putih karena Vitacook bisa menjadi teman bagi para diabetesi dalam mengontrol gula darah.

Lebih jauh mengenai informasi Vitacook bisa anda dapatkan >>Di sini<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here