Cegah Kolesterol Jahat Menumpuk Di Pembuluh Darah Dengan Beberapa Cara Ini

0
38

Kolesterol adalah zat berlemak yang ada di dalam darah. Ada dua tipe kolesterol, di mana jika keduanya berada dalam jumlah yang tepat maka akan berdampak baik bagi kesehatan. High Density Lipoprtein (HDL) atau biasa dikenal dengan kolesterol baik bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh anda, sedangkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat bisa menyebabkan kolesterol menumpuk di dalam pembuluh darah.

Rendahnya HDL dan tingginya LDL bisa meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. LDL bisa membentuk plak di pembuluh darah jantung. Plak ini juga bisa menumpuk dan membentuk sumbatan sehingga bisa memblokir pembuluh darah di jantung. Hal ini bisa menyebabkan sesak dan serangan jantung.

Tingginya kolesterol berarti jumlah LDL dalam tubuh anda terlalu banyak. Tidak ada gejala sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa angka kolesterol mereka tinggi. Memiliki kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan risiko 2 kali lipat lebih besar untuk terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar kolesterol normal.

Meskipun jumlah HDL tidak pernah lebih banyak dari LDL, namun anda tetap bisa berupaya agar LDL tidak lebih banyak dari HDL di dalam tubuh anda.

Olahraga

Aktivitas fisik adalah cara terbaik untuk mengurangi LDL. Anda disarankan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga setidaknya 30 menit perhari dalam 5 hari per minggu dengan total 2,5 jam perminggu. Durasi tersebut adalah durasi terbaik untuk meningkatkan kualitas kesehatan anda. Jika seseorang terdiagnosis penyakit jantung atau kondisi kesehatan lainnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga.

Miliki berat badan ideal

Kelebihan berat badan bisa membuat anda memiliki risiko penyakit jantung dan kolesterol yang tinggi. Hilangkan setidaknya 5 sampai 10 persen dari berat badan anda agar kesehatan anda bisa terjaga. Olahraga secara rutin dan menjaga pola makan bisa membantu anda mengurangi lemak di tubuh anda dan hasilnya kolesterol anda bisa menurun. Anda harus memilih untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari makanan dengan kalori yang tinggi, termasuk juga junk food.

Konsumsi makanan yang menyehatkan jantung

Buah, sayuran, gandum dan susu adalah bahan makanan yang tepat untuk diet. Namun, mengonsumsi lemak baik juga penting untuk kesehatan hati dan kadar kolesterol. Anda juga harus mengonsumsi lemak tak jenuh yang bisa anda temukan pada ikan, kacang, alpukat, biji-bijian dan minyak ikan. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kesehatan hati dan menurunkan kadar kolesterol. Lemak jenuh yang ada pada produk daging berlemak dan makanan kemasan harus kurang dari 10 persen dari kalori yang anda butuhkan setiap hari. Lemak trans yang ditemukan dalam beberapa makanan kemasan dan gorengan harus dihindari karena tidak ada jumlah yang aman. Lemak ini dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Kolesterol yang tinggi tentu berdampak buruk bagi kesehatan anda. Kolesterol yang tinggi bisa membuat darah anda menjadi kental dan meningkatkan risiko berbagai penyakit yang lebih serius.

Cegah berbagai penyakit serius lainnya mulai sekarang dengan menggunakan Dr Laser. Dr Laser bekerja dengan meningkatkan kualitas darah sehingga dapat mencegah dan membantu proses penyembuhan berbagai penyakit.

Dapatkan Dr Laser sekarang dan cari informasi teknologi laser ini di sini >>Selengkapnya<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here